Home / Renungan Iman Katolik / Gelar Pra-Jamnas, Keuskupan Agung Pontianak Mantap Siapkan Jamnas SEKAMI 2018

Gelar Pra-Jamnas, Keuskupan Agung Pontianak Mantap Siapkan Jamnas SEKAMI 2018

Pastor Gregorius CP berfoto bersama panitia, pendamping rohani, angels, animator-animatris. (Ist)

SEMENJAK didaulat  jadi tuan rumah acara akbar Jambore Nasional SEKAMI 2018, Keuskupan Agung Pontianak sejak tahun 2017 gencar menyelenggarakan berbagai persiapan, mulai dari pembentukan panitia sampai terselengaranya berbagai kegiatan pre-event guna mensukseskan kegiatan Jamnas  SEKAMI 2018).


Berikut ini kilas balik beberapa kegiatan penting yang telah dilaksanakan:

3-4 Februari 2018 yang lalu, panitia Jamnas SEKAMI 2018 Keuskupan Agung Pontianak menyelenggarakan pembekalan atau penyegaran rohani kepada 134 partisipan (angels, animator dan pendamping rohani).Rekoleksi tim inti Jambore SEKAMI dengan tema “Hati yang penuh kasih untuk Jamnas Sekami 2018”  tanggal 11 Februari 2018.Pembekalan Angels Jamnas SEKAMI, tanggal 21 Februari 2018.

Kegiatan Pra Jamnas Sekami 2018 di Siantan, Pontianak.

Puncak persiapan menyongsong Jambore Nasional SEKAMI tangal 3-6 Juli 2018 mendatang adalah dilaksanakannya ajang pembekalan berupa Pra-Jamnas SEKAMI selama tiga (3) hari, 16-18 Maret 2018. Kegiatan ini berpusat di komplek Persekolahan Bruder Kanisius, Paroki Stella Maris Siantan.


Hadir sekitar lima ratus peserta dari 11 paroki se-Dekenat Pontianak, yang terdiri dari anak-anak SEKAMI utusan masing-masing paroki, para animator/animatris,  angels, pendamping rohani serta panitia penyelenggara.


Tujuan diadakannya pre-event Jamnas ini tak lain adalah agar peserta semakin mendalami peran mereka sebagai misioner-misioner cilik yang bisa menghargai satu sama lain, menghargai keberagaman, berbagi sukacita Injili kepada teman-teman mereka dalam semangat kebinekaan.  Juga agar semakin mantap menyongsong Jambore Nasional SEKAMI tanggal 3-6 Juli 2018 mendatang.


Tarian sambutan dan balon Sekami 2018.

Penyambutan peserta Pra-Jamnas SEKAMI sore itu diawali dengan perarakan masuk menuju komplek Persekolahan Bruder Kanisius diiringi dengan dentuman meriah drum band siswa/siswi SD Kanisius disusul dengan pengalungan nametag kepada seluruh peserta. Pra-Jamnas se Dekenat Pontianak ini resmi dibuka secara simbolis oleh Pastor Gregorius Sabinus CP, Dirdios KKI KAP di sore hari tanggal 16 Maret 2018 dalam misa pembukaan.


Selama kegiatan Pra-Jamnas, para peserta dibaurkan ke dalam kelompok-kelompok kecil. Kelompok kecil ini membaur seperti hidup dalam sebuah keluarga. Mereka mengambil nama orang kudus sebagai pelindung keluarga.


Berikutnya, kumpulan dari beberapa keluarga akan dibagi lagi dalam ke dalam tiga kelompok besar yang disebut Kampung.


Berikut ada tiga Kampung yang terdiri dari beberapa keluarga:

Kampung Bethlehem: St. Yosef, St. Maria, St. Michael dan St. Gabriel.Kampung Galilea: St. Stefanus, St. Theresia. St. Tarsisius.Kampung Nazareth: St. Fransiskus, St. Clara dan St. Paulus.

Imam, bruder, suster cilik.

Panitia Pra-Jamnas SEKAMI mengemas berbagai kegiatan dengan sangat menarik, sehingga memungkinkan semua peserta mengalami sukacita selama kegiatan ini berlangsung.  Selama tiga hari penuh, para peserta diajak untuk menimba kekuatan rohani melalui perayaan ekaristi, doa bersama, sharing dan bina iman.


Mereka juga didampingi dalam sebuah gathering melalui seminar singkat dari narasumber (suster, bruder atau pastor). Pada malam puncak Pra-Jamnas para peserta diajak untuk unjuk bakat, kebolehan mereka dalam acara pentas seni budaya.


Kemudian kegiatan Pra-Jamnas ini ditutup secara simbolis pula oleh Pastor Gregorius Sabinus CP, Dirdios KKI KAP dengan penguntingan balon Jamnas SEKAMI setelah itu dilanjutkan dengan misa penutupan di Gereja Stella Maris Siantan.


Misa penutupan Pra-Jamnas ini dipimpin oleh  Pastor Gregorius Sabinus CP, Dirdios KKI KAP bersama Pastor Kornelius, Pastor Paroki Stella Maris dan Pastor Kebry CM.


Kredit foto: Sr. Maria Seba SFIC.


Sr. Maria Seba SFIC

Suster biarawati SFIC (Sororum Franciscalium ab Immaculata Conceptione a Beata Matre Dei) kelahiran Lubuk Sabuk, Sanggau; sekarang ditugaskan belajar di Politeknik Tonggak Equator Jurusan Business English and Management di Pontianak, Kalbar.

Sumber: Sesawi

About dr.gaplek

Check Also

Bacaan dan Renungan Hari Senin 28 Januari 2019

9:15 Karena itu Ia adalah Pengantara dari suatu perjanjian yang baru, supaya mereka yang telah terpanggil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *