Home / Sesawi / In Memoriam Romo I. Kuntara SJ: Disertasi Beratnya 10 Kg (3)

In Memoriam Romo I. Kuntara SJ: Disertasi Beratnya 10 Kg (3)

SAYA tidak pernah hidup dalam satu komunitas residensi dengan alm. Romo Ignatius Kuntara Wiryamartana SJ yang hari Jumat (26/7) dinihari tadi dipanggil Tuhan untuk selamanya di RS Elizabeth Semarang.

Namun saya ingat betul tentang sedikit kisah unik sekaligus menarik di balik sosok imam ahli Sastra dan Bahasa Jawa Kuna ini.

Sekali waktu, dalam sebuah pertemuan di forum SJ di Provindo, almarhum berkisah bagaimana dia berkutat hampir selama 10 tahun untuk merampungkan disertasinya tentang teks naskah kuna Kakawan Arjunawiwaha.

Beliau mengerjakan disertasinya di Pasturan Kolese de Britto waktu itu, persis ketika sekali waktu saya main ke SMA de Britto dari Kolese Loyola di Semarang.

Promotor beliau adalah Sang Begawan Ahli Sastra dan Bahasa Jawa Kuna di UGM  yakni Romo Prof. Dr. Piet Zoetmoelder SJ yang tak lain adalah rekan satu Ordo Jesuit sendiri.

Saat itu, Pater Zoetmoelder masih tinggal di Pasturan Kidul Loji Yogyakarta bersama rekan-rekan SJ lainnya seperti alm. Romo Th. Hendriks SJ (dulu bekerja di Percetakan dan Penerbit Kanisius Yogyakarta) dan Romo Jacques Lampe SJ yang kini telah pulang ‘mudik’ ke Negeri Belanda.

Belakangan, Romo Piet Zoetmoerlder SJ pindah dari Kidul Loji ke tempat lain di sebuah pastoran sederhana di sekitaran Malioboro, Yogyakarta.

Oleh sesama rekan Jesuit lainnya –demikian isi omongan glenak-glenik alm. Romo Kuntara SJ waktu itu—dirinya sering menjadi bahan olokan dan sindiran orang kalau pas ada acara temu dengan para Jesuit lainnya. Pokok perbincangan mereka tiada lain adalah soal waktu bertele-tele untuk bisa menyelesaikan disertasi.

Biasalah, di kalangan Jesuit yang pinter-pinter, menyelesaikan disertasi pada waktunya menjadi urusan penting di kelompok ini. Kalau tidak, ya pastilah menjadi bahan olok-olok di antara teman-temannya. Kadang bernada serius dan gurauan, tapi adakalanya juga menjadi obrolan serius yang nylekit.

Romo Kuntara boleh dibilang membiarkan dirinya jadi olok-olokan itu. Dia membuat dirinya tuli atas omongan-omongan nylekit itu. Itu terjadi bertahun-tahun sampai akhirnya beliau sukses merampung disertasinya dengan sangat menawan di UGM dengan ketebalan naskah yang lumayan dan katanya –sesuai omongan alm. Romo Guido Sabda Utomo SJ waktu itu di Kolese de Britto Yogyakarta awal tahun 1990 an— “Beratnya sampai 10 kilogram kalau naskah disertainya ditimbang!”

Untuk menyelesaikan naskah disertasinya yang konon seberat 10 kg ini, alm. Romo Kuntara SJ sering bolak-balik ke Jerman dan Belanda untuk melakukan studi dan riset naskah-naskah kuna di Leiden.

Lahir tahun 1946 di Delanggu, Kabupaten Klaten di Jawa Tengah, alm. Romo Kuntara menikmati masa kecilnya di desa dan baru kemudian masuk seminari menengah dan lalu masuk Novisiat Serikat Jesus di Kolese St. Stanislaus Girisonta, Ungaran.

Photo credit: Alm. Romo Ignatius Kuntara Wiryamartana SJ memimpin perayaan ekaristi dalam sebuah acara peringatan (Ist)

Tautan:

About dr.gaplek

Check Also

Mutiara Filosofi Jawa dari Pujangga Ronggowarsito

Pengantar

Salah seorang rekan mengirim naskah bagus ini di sebuah grup milis internal katolik. Karena bagus, kami tertarik mengangkatnya dan mempostingkan naskah ini kepada pembaca. Terima kasih kepada Mas L. Suryoto atas postingannya.

Raden Ngabehi Ranggawarsita atau Ronggowarsito adalah pujangga besar budaya dan filosofi Jawa. Beliau lahir di Surakarta (Solo), Jateng, 15 Maret 1802 dan meninggal di Solo, 24 Desember 1873.

———————-

Rejeki iku ora iså ditiru…,

rejeki itu tidak bisa

ditiru..

Senajan pådå lakumu…,

walau sama

cara hidupmu

Senajan pådå dodolan mu…,

walau sama

jualanmu

Senajan pådå nyambut gawemu…,

walau sama

pekerjaanmu…

Kasil sing ditåmpå bakal bedå2….,

hasil yang

diterima akan berbeda

satu sama lain

Iså bedå nèng akèhé båndhå…,

bisa lain dalam

banyaknya harta

Iså ugå ånå nèng råså lan ayemé ati,

 Yåaa iku sing jenengé bahagia….,

bisa lain dalam

rasa bahagia dan

ketenteraman hati

Kabèh iku såkå tresnané Gusti kang måhå kuwåså…..,

semua itu atas

kasih dari tuhan yang

maha kuasa

Såpå temen bakal tinemu…,

barang siapa bersungguh-sungguh

akan menemukan

Såpå wani rekåså bakal nggayuh mulyå… ,

barang siapa berani

bersusah payah

akan menemukan

kemuliaan

Dudu akèhé, nanging berkahé kang dadèkaké cukup lan nyukupi…..,

bukan banyaknya

melainkan berkah

nya yang menjadikan

cukup dan

mencukupi

Wis ginaris nèng takdiré menungså yèn åpå sing urip kuwi wis disangoni såkå sing kuwåså.

sudah digariskan

oleh takdir bahwa

semua yang hidup

itu sudah diberi

bekal oleh yang

maha kuasa

Dalan urip lan pangané wis cemepak cedhak kåyå angin sing disedhot bendinané….,

jalan hidup

dan rejeki sudah

tersedia.. dekat..

seperti udara yang

kita hirup setiap

harinya

Nanging kadhang menungså sulap måtå lan peteng atiné, sing adoh såkå awaké katon padhang cemlorot ngawé-awé,

Nanging sing cedhak nèng ngarepé lan dadi tanggung jawabé disiå-siå kåyå orå duwé gunå…,

tetapi kadang

manusia silau mata

dan gelap hati,

yang jauh kelihatan

berkilau dan

menarik hati..

tetapi yang dekat

didepannya dan

menjadi tanggung

jawabnya disia sia

kan seperti tak ada

guna

Rejeki iku wis cemepak såkå Gusti, ora bakal kurang anané kanggo nyukupi butuhé menungså såkå lair tekané pati….,

rejeki itu sudah

disediakan oleh

tuhan, tidak bakal

berkurang untuk

mencukupi

kebutuhan manusia

dari lahir sampai

mati

Nanging yèn kanggo nuruti karep menungså sing ora ånå watesé, rasané kabèh cupet, nèng pikiran ruwet, lan atiné marahi bundhet.

tetapi kalau

menuruti kemauan

manusia yang tidak ada

batasnya, semua

dirasa kurang

membuat ruwet di hati

dan pikiran

Welingé wong tuwå, åpå sing ånå dilakoni lan åpå sing durung ånå åjå diarep-arep, semèlèhké lan yèn wis dadi duwèkmu bakal tinemu, yèn ora jatahmu, åpå maneh kok ngrebut såkå wong liyå nganggo cårå sing ålå, yå  waé, iku bakal gawé uripmu lårå, rekåså lan angkårå murkå sak jeroning kaluwargå, kabeh iku bakal sirnå balik dadi sakmestiné.

petuah orang tua,

jalanilah apa yang

ada didepan mata

dan jangan terlalu

berharap lebih untuk

yang belum ada

kalau memang

milikmu pasti akan

ketemu..

kalau bukan jatahmu..

apalagi sampai

merebut milik orang

memakai càra tidak

baik, itu akan

membuat hidupmu

merana, sengsara

dan angkara murka

semua itu akan sirna

kembali ke asalnya

Yèn umpåmå ayem iku mung biså dituku karo akèhé båndhå dahnå rekasané dadi wong sing ora duwé…,

seumpama

ketenteraman itu

bisa dibeli dengan

hàrta, alangkah

sengsaranya orang

yang tidak punyà

Untungé ayem isà diduwèni såpå waé sing gelem ngleremké atiné ing bab kadonyan, seneng tetulung marang liyan, lan pasrahké uripé marang GUSTI KANG MURBENG DUMADI…,

untungnya,

ketenteraman bisa

dimiliki oleh siapa

saja yang tidak

mengagungkan

keduniawian, suka

menolong orang lain dan

mensyukuri hidupnya.

Kredit foto: Ist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *