Home / Renungan Iman Katolik / Lentera Keluarga – Mengasihi Sampai Akhir

Lentera Keluarga – Mengasihi Sampai Akhir

Kamis, 29 Maret 2018. Kamis Putih

Bacaan:  Kel 12:1-8.11-14; Mzm 116:12-13.15-16bc.17-18; 2 : 1Kor 11:23-26; Yoh 13:1-15

Renungan:

INI adalah saat-saat intim  dan terakhir Yesus ada bersama dengan orang-orang terdekatNya/keluargaNya. Yohanes memberikan dua tanda sakramental untuk mengungkapkan bagaimana “Yesus senantiasa mengasihi murid-muridNya….mengasihi mereka sampai saat terakhir” yaitu dengan pembasuhan kaki dan perjamuan.  Kasih yang diungkapkan dengan perendahan dirii, melayani dan pemberian diri. Dan Ia memberikan kita kewajiban untuk mengasihi “sebagaimana Aku telah mengasihi engkau”. Hanya orang-orang yang mengalami kasih Tuhanlah yang mampu mengasihi sebagai Tuhan mengasihi.

Tidak selamanya kita ada bersama dengan anggota keluarga kita dan anggota keluarga bersama dengan kita. Kadang kita kurang waktu untuk merasakan “dikasihi dan mengasihi” karena rutinitas yang kemudian menjadi kebosanan dan akhirnya mencari pengalihan dengan kesibukan pribadi. Benar bahwa kasih kita dapat kita ungkapkan melalui nasihat, pekerjaan, pemberian dan pelayanan sehari-hari. Tetapi kitapun juga perlu waktu intim bersama keluarga adalah kesempatan bagi kita untuk mengungkapkan dan mewujudkan kasih kepada setiap anggota keluarga kita sehingga setiap anggota keluarga mengalami pengalaman dikasihi dan begitu berharga di hati setiap pribadi. Waktu ulang tahu, pesta perkawinan, kumpul bersama keluarga, retret keluarga adalah kesempatan yang indah yang tidak boleh kita sia-siakan.

Secara khusus di hari Kamis Putih ini, kitapun diundang untuk merasakan secara lebih mendalam ungkapan kasih Yesus itu melalui tindakan-tindakan liturgi terutama ekaristi. Yesus memandang kita begitu berharga, layak untuk dicintai dan berkata kepada kita “Ini tubuhKu…ini darahKu yang diserahkan bagimu”. Seraya mengalami kasih itu, kitapun juga mengatakan “Ini tubuhku, ini darahku, yang kupersembahkan untuk jemaat, untuk keluarga, gereja dan masyarakat”.  Marilah kita belajar mengasihi sampai akhir seperti dan bersama Yesus.

Kontemplasi

Gambarkan anda hadir sebagai murid dalam perjamuan akhir Yesus dan Yesus membasuh kaki anda.

Refleksi

Apakah kami bersama keluarga menciptakan waktu intim? Bagaimana tanda kasih yang kuungkapkan kepada setiap anggota keluargaku yang membuat mereka merasa kucintai?

Doa

Ya Bapa, terima kasih atas kasih yang luar biasa boleh aku terima melalui Yesus, PuteraMu. Ajarilah aku untuk mengasihi dengan kata dan perbuatan. Amin.

Perutusan

Gambarkanlah bahwa hari ini adalah saat terakhir anda bersama dengan orang-orang yang anda cintai. Ungkapkanlah kasih anda kepada keluarga hari ini dengan kata dan perbuatan yang membuat mereka mereka anda kasihi.

https://m.facebook.com/groups/140661899974768?view=permalink&id=162038921170399&ref=bookmarks

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

Romo Aristanto MSF Imam anggota Kongregasi Misionaris Keluarga Kudus (MSF) dan tinggal di Skolastikat MSF di Banteng, Yogyakarta.

Sumber: Sesawi

About dr.gaplek

Check Also

Bacaan dan Renungan Hari Senin 28 Januari 2019

9:15 Karena itu Ia adalah Pengantara dari suatu perjanjian yang baru, supaya mereka yang telah terpanggil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *