Home / Renungan Iman Katolik / Persembahan Istimewa

Persembahan Istimewa


SEBAGAI ungkapan syukur dan terima kasih atas kebaikan Yesus yang telah membangkitkan Lazarus, Maria mempersembahkan minyak narwastu yang mahal kepada Yesus. Dengan rendah hati, Maria meminyaki kaki Yesus dan menyekanya dengan rambutnya.


Tindakan Maria dikecam oleh Yudas Iskariot yang menganggapnya sebagai pemborosan belaka, karena seharusnya uang sebesar itu dapat digunakan untuk menolong orang miskin. Di muka publik Yudas bermulut manis, padahal ia sendiri kerap mencuri uang kas yang diperuntukkan bagi orang miskin. Sikapnya sungguh munafik, tidak ada keselarasan antara perkataan dan perbuatan.


Sebagai murid Yesus, hendaknya kita meneladani sikap Maria. Sadari bahwa Yesus sudah mengurbankan diri agar kita semua mengalami keselamatan. Sejauh ini, apakah kita sudah mensyukuri kebaikan dan kasihNya di dalam hidup kita? Tuhan tidak menilai seberapa besar dan hebatnya persembahan kita, melainkan Ia menilai motivasi yang terdapat di balik setiap perbuatan baik kita.


Mari membenahi hidup kita agar menjadi persembahan yang istimewa bagi Tuhan. Belajarlah untuk rendah hati dan setialah untuk berbuat baik kepada siapa saja dengan tulus, sepenuh hati dan berlandaskan motivasi yang benar, meskipun mendapat tanggapan yang negatif dari orang sekitar kita. Semoga kebaikan yang kita tanamkan, menebarkan keharuman yang semerbak kepada orang di sekeliling kita, dan menggerakkan mereka untuk mencari dan mengenal Yesus.


Kredit foto: Ilustrasi (Ist)


Insinyur elektro alumnus ITB dan umat Paroki St. Yakobus, Kelapa Gading, Jakarta Utara; bergiat ‘merangkai’ kata-kata renungan yang menjadi ‘kata hati’ untuk satu hari (thoughts of the day); Anggota Komunitas Meditasi Katolik Ancilla Domini St. Yakobus.

Sumber: Sesawi

About dr.gaplek

Check Also

Bacaan dan Renungan Hari Senin 28 Januari 2019

9:15 Karena itu Ia adalah Pengantara dari suatu perjanjian yang baru, supaya mereka yang telah terpanggil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *